cpu-data.info

Manfaat Jaringan Komputer dan Jenis–jenisnya yang Perlu Diketahui

Ilustrasi jaringan komputer. Manfaat jaringan komputer secara umum adalah dapat membuat proses komunikasi antar komputer berjalan lebih efektif, cepat, dan hemat.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa hal dasar terkait jaringan komputer ketika tengah mempelajarinya. Salah satu hal dasar itu seperti manfaat jaringan komputer. Jaringan komputer telah memudahkan komunikasi antar pengguna.

Dengan jaringan komputer, ada banyak layanan komunikasi yang memungkinkan diakses. Pengguna bisa mengakses internet, e-mail, telepon, dan masih banyak lagi, dengan kehadiran jaringan komputer.

Baca juga: Macam-macam Perangkat Jaringan Komputer beserta Pengertian dan Fungsinya

Jaringan komputer telah memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Manfaat jaringan komputer itu perlu diketahui agar memudahkan pengguna untuk memahami perannya dalam menyediakan komunikasi antar perangkat.

Lantas, sebenarnya apa saja manfaat dari jaringan komputer? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai manfaat jaringan komputer yang perlu diketahui.

Pengertian jaringan komputer

Sebelum mengetahui manfaatnya, ada baiknya pengguna memahami dulu pengertian jaringan komputer. Sebab, istilah pada pengertian jaringan komputer bakal berkaitan dengan penjelasan manfaatnya nanti.

Dengan demikian, ketika sudah memahami pengertiannya, pengguna bakal lebih mudah pula buat mengetahui manfaat jaringan komputer. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan jaringan komputer?

Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer atau node dalam satu jaringan. Jaringan komputer dibuat agar tiap komputer atau node bisa saling transfer data, berkomunikasi, dan berbagai sumber daya.

Komputer dan perangkat lain yang saling terhubung bakal memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan lebih mudah. Untuk membuat sebuah jaringan, beberapa komputer dengan perangkat lainnya disambungkan dengan menggunakan media kabel atau nirkabel.

Selain menggunakan hardware tersebut, perancangan jaringan komputer umumnya juga perlu untuk memasang perangkat lunak atau software tertentu. Software dipakai untuk mendeteksi perangkat yang berada di satu jaringan.

Jaringan komputer biasanya tersusun dari komputer Server yang berperan sebagai pusat pengaturan jaringan dan komputer Client sebagai tempat pengguna beroperasi. Komputer tersebut saling berkomunikasi dalam jaringan untuk transfer data atau berbagi sumber daya.

Jaringan komputer sebenarnya umum dijumpai sehari-hari. Misalnya, dengan jaringan komputer, beberapa komputer bisa melakukan cetak dokumen atau print lewat satu perangkat printer yang sama.

Itulah pemaparan soal pengertian jaringan komputer. Jaringan komputer memiliki beberapa manfaat saat menjalankan tugasnya. Untuk manfaat jaringan komputer, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat jaringan komputer

Tujuan utama jaringan komputer dibuat adalah agar tiap komputer atau node bisa saling berkomunikasi. Dalam komunikasi yang dilakukan antar perangkat komputer, fungsi jaringan komputer adalah untuk berbagi sumber daya dan transfer data.

Berbagi sumber daya yang dimaksud dalam jaringan komputer adalah akses terhadap beberapa perangkat keras atau perangkat lunak. Pada perangkat keras, misalnya, beberapa komputer dalam satu jaringan jadi bisa mengakses kamera CCTV atau printer.

Kemudian, untuk berbagi akses perangkat lunak dalam jaringan komputer, misalnya, beberapa perangkat komputer jadi bisa memperoleh pembaruan sistem operasi secara bersamaan dan otomatis.

Sementara itu, dalam fungsi transfer data, melalui jaringan komputer, satu perangkat komputer dapat menyebarkan data ke beberapa komputer lainnya sekaligus. Kemudian, data dari beberapa komputer itu juga dapat disimpan dalam satu wadah secara bersamaan.

Dari fungsi-fungsi itu, jaringan komputer punya beragam manfaat untuk pengguna. Secara umum, manfaat jaringan komputer untuk pengguna adalah dapat membuat proses komunikasi antar komputer berjalan lebih efektif, cepat, dan hemat.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat jaringan komputer spesifik lainnya. Adapun beberapa manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat