cpu-data.info

IDC: Pasar Ponsel Global Terus Tumbuh berkat Gempuran HP Mahal dan AI

Ilustrasi konter HP di sentra ponsel Pusat Grosir Cililitan (PGC)
Lihat Foto

- Pasar smartphone global terus menunjukkan pertumbuhan positif. Pasalnya, pada kuartal II-2024 (April-Juni 2024), pasar ponsel dunia meningkat 6,5 persen apabila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Hal ini disimpulkan IDC, sebuah firma yang biasa meriset kondisi bisnis smartphone dan perangkat elektronik lainnya di pasar global, dalam laporan terbarunya.

Berdasarkan laporan IDC, total pengiriman (shipment) smartphone pada kuartal II-2024 berkisar di angka 285,4 juta unit, meningkat dari 268 juta unit pada kuartal II-2023.

Baca juga: IDC: Pasar Smartphone Global Naik 7,8 Persen, iPhone Turun Terparah sejak Covid-19

Senior Research Director IDC, Nabila Popal, mengatakan, pertumbuhan ini dipicu oleh strategi sejumlah vendor ponsel populer, seperti Samsung dan Apple, yang fokus menjejali pasar dengan aneka ponsel premium.

Menurut IDC, ponsel premium adalah perangkat yang berbanderol 600 dollar AS (sekitar Rp 9,7 jutaan) ke atas. 

Selain itu, peningkatan pasar ponsel global juga disumbang oleh banyaknya perusahaan asal China, seperti Xiaomi dan Vivo, yang menjejali pasar dengan ponsel kelas bawah (entry-level), serta maraknya ponsel yang kini dibekali dengan fitur kecerdasan buatan (AI). 

"Terkait AI, ponsel dengan fitur seperti ini diprediksi akan terus memiliki peningkatan pengiriman, dan ditaksir akan memiliki porsi 19 persen dari total pengiriman unit global di tahun ini, jumlah terbesar dalam sejarah industri smartphone," kata Popal.

Nah, dari total 285,4 juta unit ponsel yang dikapalkan pada kuartal II-2024 tadi, IDC mencatat Samsung sebagai vendor yang paling banyak kontribusinya dengan pangsa pasar terbesar, yakni (18,9 persen) dan angka pengiriman 53,9 juta unit.

Di bawah Samsung, ada Apple, Xiaomi, Vivo, dan Oppo yang masing-masing memiliki pangsa pasar 15,8 persen (45,2 juta unit), 14,8 persen (42,3 juta unit), 9,1 persen (25,9 juta unit), dan 9,0 persen (25,8 juta unit).

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2024 Versi IDC, Oppo Memimpin

Berdasarkan laporan IDC, pangsa pasar kelima vendor ponsel teratas di pasar global untuk kuartal II-2024 ini kompak tumbuh. Tidak ada satu pun vendor yang mendapat rapor merah alias penurunan pengiriman.

Selengkapnya, berikut daftar lima vendor ponsel teratas alias terlaris pada kuartal II-2024 versi IDC, lengkap dengan total pengiriman ponsel mereka, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari IDC.com, Rabu (17/7/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat