cpu-data.info

5 Cara Mengatasi Website Muncul Error “This Site Can’t Provide a Secure Connection”

Ilustrasi cara mengatasi this site cant provide a secure connection
Lihat Foto

- Saat menjelajah internet, salah satu kesalahan yang sering ditemui pengguna adalah "Situs Ini Tidak Dapat Menyediakan Koneksi Aman" atau muncul notifikasi “This Site Can’t Provide a Secure Connection”.

Alih-alih menampilkan halaman web, browser memberi tahu Anda bahwa ada masalah saat mencoba memuat situs tersebut. Error jenis ini biasanya sulit diidentifikasi karena memiliki berbagai penyebab.

Mulai dari karena konfigurasi SSL (Secure Sockets Layer) di mana sertifikat SSL mungkin tidak diatur dengan benar, atau pengaturan tanggal dan waktu yang salah pada perangkat Anda.

Meskipun begitu, terdapat beberapa cara mengatasi jenis error “This Site Can’t Provide a Secure Connection. Lantas bagaimana caranya? Selengkapnya berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

Baca juga: Apa Arti Error 500 di Browser dan Cara Mengatasinya

Instal sertifikat SSL

Menginstal sertifikat SSL yang valid dan terpercaya dapat membantu mengatasi error “This Site Can’t Provide a Secure Connection”. Sertifikat SSL dapat membantu mengotentikasi identitas situs web, memastikan bahwa pengunjung dapat mempercayai bahwa mereka terhubung ke situs yang seharusnya.

Tanpa sertifikat SSL, browser mungkin menampilkan pesan kesalahan karena tidak dapat memverifikasi keabsahan situs.

Paksa koneksi HTTPS

Memaksa koneksi HTTPS pada situs web dapat membantu mengatasi pesan "Situs Ini Tidak Dapat Menyediakan Koneksi Aman" dalam beberapa situasi. Terutama jika masalahnya terkait dengan pengaturan server atau konfigurasi yang tidak benar terkait HTTPS.

Memaksa koneksi HTTPS memastikan bahwa semua interaksi pengguna dengan situs web dienkripsi, mencegah pengalihan atau koneksi yang tidak aman yang dapat memicu peringatan browser.

Cek pengaturan tanggal dan waktu

Cobalah cek pengaturan tanggal dan waktu sangat penting dalam mengatasi pesan kesalahan "Situs Ini Tidak Dapat Menyediakan Koneksi Aman."

Hal ini karena pengaturan yang salah pada tanggal dan waktu pada perangkat Anda dapat berdampak langsung pada validitas sertifikat SSL yang digunakan oleh situs web. Sertifikat SSL memiliki tanggal kedaluwarsa yang menunjukkan periode di mana sertifikat tersebut dianggap sah oleh browser.

Jika tanggal dan waktu perangkat tidak akurat atau tidak sesuai dengan zona waktu yang benar, maka browser tidak dapat memverifikasi sertifikat SSL dengan benar.

Hapus cache browser

Menghapus cache browser tidak secara khusus ditujukan untuk mengatasi pesan “This Site Can’t Provide a Secure Connection”. 

Namun, cara ini dapat membantu dalam beberapa kasus tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Misalnya saja terkadang, cache browser dapat menyimpan versi lama atau rusak dari halaman web, termasuk sertifikat SSL yang digunakan.

Jika cache ini rusak atau tidak valid, browser bisa jadi tidak dapat memuat situs dengan benar, termasuk memverifikasi sertifikat SSL.

Update browser Anda

Salah satu cara yang bisa Anda coba lainnya adalah memperbarui browser yang digunakan. Memperbarui browser Anda ke versi terbaru adalah langkah penting untuk memastikan keamanan dan kinerja optimal saat menjelajah internet. Pembaruan ini tidak hanya membawa fitur-fitur baru, tetapi juga sering kali mencakup perbaikan keamanan yang kritis.

Itulah beberapa cara mengatasi website muncul error “This site can’t provide a secure connection”. Selamat mencoba.

Baca juga: Google Chrome Dinobatkan Jadi Browser Tercepat

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat