cpu-data.info

Kominfo: Indonesia Masih Butuh BTS meski Sudah Ada Starlink

Salah satu menara BTS Telkomsel di area Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Lihat Foto

- Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai Indonesia tak perlu lagi menara Base Transceiver Station (BTS) setelah layanan internet satelit Starlink hadir di Indonesia.

"Sekarang sudah enggak perlu ada BTS, BTS-an, orang sudah ada Starlink," kata Luhut dalam acara talkshow bertajuk "Ngobrol yang Paten-paten Aja Bareng Menko Marinves" di Jakarta Selatan, Selasa (4/6/2024), sebagaimana dilansir dari Tribun News.

Namun, pernyataan Luhut tersebut ditentang oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menurut Kominfo, menara BTS masih dibutuhkan untuk melengkapi infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, termasuk di wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), meski kini hadir layanan internet satelit Starlink.

"Teknologi telekomunikasi itu sifatnya saling melengkapi, bukan saling menggantikan. Jadi, sampai sekarang, kita (Indonesia) masih membutuhkan BTS (walau ada Starlink)," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong saat dihubungi KompasTekno, Selasa (11/6/2024).

Baca juga: Nasib Merger di Tangan Starlink

Base Transceiver Station (BTS) adalah bagian dari peralatan jaringan yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat dan jaringan. BTS juga biasa disebut dengan stasiun pemancar.

Alat ini berfungsi untuk mengirim dan menerima sinyal radio ke perangkat komunikasi, seperti telepon rumah dan HP. Saat sinyal radio ditangkap nantinya akan diubah menjadi sinyal digital yang kemudian dikirim ke terminal lain menjadi sebuah pesan atau data.

Menara base transceiver station (BTS)Shutterstock Menara base transceiver station (BTS)

Sementara, Starlink, kata Usman, bisa juga diibaratkan sebagai BTS langit, karena layanan ini bergantung pada konstelasi satelit Starlink di orbit rendah bumi. 

Starlink merupakan layanan internet yang diselenggarakan oleh SpaceX, sebuah perusahaan penerbangan luar angkasa milik Elon Musk.

Dengan satelit, Starlink menyediakan layanan internet jaringan broadband berkecepatan tinggi dengan jangkauan area yang luas, bahkan pada lokasi terpencil sekalipun.

Satelit Starlink yang berada di luar angkasa akan memancarkan jaringan broadband ke bumi. Setelah itu, jaringan tersebut bakal ditangkap oleh antena yang dipasang di rumah pengguna, kemudian disalurkan ke perangkat WiFi Router untuk dibagikan ke gadget.

Dengan proses seperti itu, layanan Starlink secara sederhana beroperasi mirip dengan layanan internet kabel.

Layanan internetnya sama-sama dibagikan melalui sambungan WiFi Router. Bedanya, Starlink membagikan jaringan broadband dengan memanfaatkan satelit luar angkasa, bukan lewat kabel fiber optik yang biasa dipakai oleh kebanyakan penyedia internet/ operator di Indonesia.

Baca juga: Layanan Direct to Cell Starlink Diminta Libatkan Operator Seluler

BTS-Starlink saling melengkapi

Ilustrasi fiber optik.Pixabay Ilustrasi fiber optik.
Usman mengungkapkan, Indonesia membutuhkan berbagai jenis infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan teknologi komunikasi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di wilayah 3T.

Ada tiga teknologi utama yang digunakan, yaitu termasuk teknologi fiber optik, BTS, dan satelit. Hal ini dikarenakan Indonesia punya wilayah yang besar dan kondisi geografis yang beragam dari Sabang sampai Merauke.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat