cpu-data.info

Fitur "Event" di Komunitas WhatsApp Hadir di Indonesia, Bisa Bikin Undangan Langsung di Grup

Tampilan fitur Acara di dalam grup yang terhubung di Komunitas WhatsApp
Lihat Foto

- Pada awal Mei lalu, CEO Meta, Mark Zuckerberg mengumumkan satu fitur baru untuk Komunitas (Community) WhatsApp yang bernama Acara (Event).

Seperti namanya, fitur tersebut sederhananya memungkinkan pengguna membuat sebuah undangan acara di dalam aplikasi WhatsApp. Sebelumnya, pengguna harus membuat pesan secara manual apabila ingin membuat undangan suatu acara.

Nah, kini, selang satu bulan setelah pengumuman Zuckerberg tersebut, fitur Event akhirnya sudah bisa dijajal oleh pengguna Indonesia.

Pantauan KompasTekno pada Rabu (29/5/2024), fitur Event bisa ditemui dengan mengeklik ikon "Attach" yang terletak di pojok kanan bawah pada jendela percakapan grup di dalam suatu Komunitas. 

Baca juga: Resmi, Status WhatsApp Kini Bisa Upload Video hingga 1 Menit

Ketika mengeklik ikon tersebut, pengguna bisa mengakses menu "Event" untuk membuat undangan atau acara baru. 

Sesudah mengeklik Event, pengguna lantas bisa mengisi detail atau rincian acara tersebut. Beberapa detail yang bisa diisi mencakup nama, deskripsi, tanggal, hingga lokasi acara, sebagaimana tampak pada gambar di bawah.

Ilustrasi fitur Events di sebuah grup di WhatsApp Community./BILL CLINTEN Ilustrasi fitur Events di sebuah grup di WhatsApp Community.

Masih di menu detail Event, pengguna juga bisa menambahkan tautan (link) WhatsApp Call (suara maupun video) supaya pengguna yang tidak bisa hadir secara langsung (offline) tetap bisa mengikuti acara secara online.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bikin Pesan Suara di Status WA Lebih Panjang

Setelah semuanya sudah diatur, pengguna lantas bisa menekan tombol "Send" untuk mengirimkan undangan acara tersebut ke anggota suatu grup di Komunitas WhatsApp. 

Ketika sebuah Event sudah dibuat, pengguna bisa mengubah detail Event tersebut dengan mengeklik tombol "Edit event". Tombol ini juga bisa digunakan untuk menghapus Event yang sudah dibuat apabila ada kesalahan atau memang acara tiba-tiba dibatalkan. 

Perlu dicatat, hanya pengguna yang membuat Event saja yang bisa mengedit detail undangan acara yang sudah dibuat.

Pengguna lainnya yang melihat undangan acara alias Event ini hanya akan bisa melihat tombol "Respond" atau "Balas", yang berfungsi untuk merespons apakah mereka bisa hadir atau tidak di acara yang sudah direncanakan tersebut.

Perlu diingat pula bahwa fitur Event di menu Attach ini hanya tersedia di dalam grup yang sudah masuk ke dalam Komunitas WhatsApp. Artinya, grup "reguler" yang tidak masuk ke dalam suatu Community untuk saat ini belum bisa membuat Event di WhatsApp.

Seperti disebutkan di atas, fitur Event di Komunitas WhatsApp sudah bisa dicoba pengguna Indonesia mulai pekan ini.

Pengguna yang belum menemukan fitur Event tampaknya harus bersabar sedikit, lantaran fitur-fitur baru biasanya memang disebar WhatsApp secara bertahap.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat