cpu-data.info

Lenovo Rilis 4 Laptop Bisnis ThinkPad P-Series di Indonesia

SMB Lead Lenovo Indonesia, Willy Setiawan (keempat dari kiri) dan Workstation Business Manager Lenovo, Jalial Ng (keempat dari kanan) memperkenalkan Lenovo ThinkPad P-Series terbaru di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Lenovo resmi meluncurkan sejumlah laptop terbaru kategori laptop bisnis alias mobile workstation dari seri ThinkPad P-Series di Indonesia.

Ada empat laptop yang diperkenalkan, yaitu Lenovo ThinkPad P1 Gen 7, ThinkPad P16v Gen 2, ThinkPad P16s Gen 3, dan ThinkPad P14s Gen 5.

SMB Lead Lenovo Indonesia, Willy Setiawan, mengatakan keempat laptop ini hadir dengan prosesor Intel Core Ultra Series untuk menunjang berbagai pemrosesan dan kegiatan komputasi berbasis kecerdasan buatan (AI).

"Lenovo ThinkPad P-Series terbaru ini menghadirkan dukungan untuk berbagai solusi AI yang saat ini sedang tren di berbagai belahan dunia," kata Willy dalam peluncuran ThinkPad P-Series terbaru di Indonesia di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2024).

"Kemampuan AI laptop ini juga bisa dipersonalisasi dan dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis," imbuh Willy.

Baca juga: Lenovo Rilis Chromebook Duet dan Duet Edu G2 di Indonesia, Dukung Stylus untuk Corat-coret

Dalam kesempatan yang sama, Workstation Business Manager Lenovo, Jalial Ng, mengumbar bahwa dari keempat laptop ini, ThinkPad P1 Gen 7 diposisikan sebagai perangkat paling mumpuni dari ketiga laptop lainnya.

Di bawah mobile workstation tersebut, secara berurutan, apabila dilihat dari performa dan kelasnya, adalah ThinkPad P16v Gen 2, ThinkPad P16s Gen 3, dan ThinkPad P14s Gen 5.

"ThinkPad P1 Gen 7 dan ThinkPad P16v Gen 2 menyasar pengguna power user yang sudah ahli di bidang AI hingga di bidang desain, sementara ThinkPad P16s Gen 3 dan ThinkPad P14s Gen 5 untuk pengguna atau pekerja biasa yang gemar memakai aplikasi AI di pekerjaannya," jelas Jalial dalam kesempatan yang sama.

Lenovo ThinkPad P1 Gen 7

Laptop Lenovo ThinkPad P1 Gen 7 resmi dirilis di Indonesia, Rabu (23/10/2024)./Bill Clinten Laptop Lenovo ThinkPad P1 Gen 7 resmi dirilis di Indonesia, Rabu (23/10/2024).

Lenovo ThinkPad P1 Gen 7 merupakan model teratas dari ThinkPad P-Series yang diumumkan Lenovo di Indonesia pekan ini. Laptop workstation ini dibekali dengan RAM jenis baru, yaitu LPCAMM2 dengan kapasitas 64 GB. Memori ini memiliki kecepatan hingga 7.467 MHz.

"Dibanding jenis RAM DDR5, RAM LPCAMM2 memiliki performa yang lebih 'ngebut' dan lebih efisien alias memiliki konsumsi daya lebih rendah. Sehingga, jenis RAM ini cocok untuk menggenjot performa mobile workstation," ujar Jalial.

Untuk prosesor (CPU), ThinkPad P1 Gen 7 bisa dikonfigurasikan dengan prosesor Intel Core Ultra Series (hingga Intel Core Ultra 9).

Lalu untuk konfigurasi pengolah grafis (GPU) tertinggi, ada Nvidia RTX 3000 Ada yang fokus di performa AI, serta Nvidia GeForce RTX 4070 untuk menggenjot kinerja visual.

Baca juga: Lenovo Rilis Legion G7, Controller Game dengan Fitur Anti-drifting

Kemudian untuk pemrosesan AI, laptop bisnis berbobot 1,82 kg ini dibekali dengan chip Neural Processing Unit (NPU) Intel MTL-H yang memiliki performa mencapai 11 triliun operasi per detik (TOPs).

Spesifikasi lain dari laptop workstation ini mencakup panel OLED Touch 16 inci dengan resolusi hingga UHD Plus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat