cpu-data.info

WhatsApp Rilis Dua Fitur Baru, Simpan Kontak di Aplikasi dan Bisa Pakai Username

WhatsApp umumkan fitur untuk menyimpan kontak langsung di WhastApp dan fitur username WhatsApp.
Lihat Foto

- WhatsApp mengumumkan kehadiran dua fitur baru lewat blog resminya, Selasa (22/10/2024). Dua fitur baru tersebut adalah dukungan untuk menyimpan kontak langsung di WhastApp dan fitur username sebagai pengganti nomor telepon.

Menurut WhatsApp di blog resminya, fitur-fitur baru ini bakal memberi pengguna lebih banyak kontrol untuk mengelola kontak WhatsApp. 

Sampai saat ini, WhatsApp memang mengandalkan buku kontak di smartphone untuk sinkronisasi kontak.

Jika ada orang baru yang mengirimi pengguna pesan di WhatsApp, dan pengguna ingin menyimpan detailnya, informasi tersebut akan disimpan secara lokal di smartphone. Selain itu, pengguna bisa memilih menyimpan kontak di kartu SIM atau di penyimpanan awan via e-mail.

Penyimpanan kontak secara lokal ini punya risiko. Pengguna bisa kehilangan akses ke daftar kontak teman, kolega, dll jika smartphone miliknya hilang atau ketika mengganti perangkat tapi tidak melakukan pencadangan (backup) kontak dengan rapi.

Alhasil, pengguna harus memasukkan nama, nomor ponsel, dan detail lainnya dari awal, satu per satu lagi.

Baca juga: WhatsApp Digratiskan dan Tanpa Iklan, Uangnya dari Mana?

Nah, untuk mencegah pengguna kehilangan daftar kontaknya, WhatsApp pun memperkenalkan cara baru untuk menyimpan nomor telepon agar lebih, yakni menyimpannya langsung di WhatsApp. 

"Kontak yang Anda simpan ke WhatsApp akan dipulihkan jika Anda kehilangan telepon atau mengganti perangkat," tulis WhatsApp, sebagaimana dikutip KompasTekno dari blog WhatsApp, Rabu (23/10/2024).

Tak hanya itu, fitur baru yang akan segera diluncurkan ini memungkinkan pengguna menyimpan kontak di perangkat apa pun, termasuk WhatsApp untuk web dan Windows.

Pengguna juga dapat memilih untuk menyinkronkan kontak yang tersimpan di WhatsApp ke ponsel. Ini berguna untuk mengelola kontak di dua akun WhatsApp yang ada di satu perangkat.

WhatsApp mengatakan pihaknya mengembangkan sistem penyimpanan terenkripsi baru yang disebut Identity Proof Linked Storage (IPLS) untuk memungkinkan penyimpanan kontak yang aman. Saat pengguna menyimpan kontak, sistem akan membuat kunci enkripsi pada perangkat.

Username WhatsApp

Bocoran render tampilan fitur baru WhatsApp, username dan PIN yang masih dalam tahap pengembangan.WABetaInfo Bocoran render tampilan fitur baru WhatsApp, username dan PIN yang masih dalam tahap pengembangan.
WhatsApp juga akhirnya mengonfirmasi kehadiran fitur baru username. Aplikasi perpesanan milik Meta ini mengatakan, pembaruan yang akan datang memungkinkan pengguna untuk mengelola dan menyimpan kontak berdasarkan nama pengguna alias username.

Username di WhatsApp akan menambah privasi ekstra sehingga pengguna tidak perlu membagikan nomor telepon saat mengirim pesan kepada seseorang.

Rumor keberadaan fitur username WhatsApp ini sudah muncul sejak beberapa waktu lalu. Menurut kabar yang beredar, pengguna dapat menetapkan username dengan nama unik dan belum pernah digunakan oleh orang lain.

Baca juga: Ada Lubang di WhatsApp, Jangan Klik Link atau Unduh File Sembarangan

Nama username WhatsApp kabarnya tidak memerlukan tag atau pembeda apa pun, seperti akhiran empat digit angka pada Discord. Dengan demikian, tidak akan ada kebingungan atau kemungkinan replikasi antar nama pengguna.

Namun, WhatsApp belum mengungkap lebih lanjut soal teknis fitur baru username WhatsApp.

Pun, WhatsApp juga belum mengungkap jadwal perilisan fitur menyimpan kontak langsung di WhatsApp dan fitur username WhatsApp ini. Dalam blog-nya, WhatsApp hanya menyebut fitur-fitur ini akan segera diluncurkan. Kita tunggu saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat