cpu-data.info

Amazon Kindle Colorsoft Dirilis, Pertama dengan Layar Berwarna

Ilustrasi Kindle Colorsoft.
Lihat Foto

- Amazon merilis tablet pembaca buku digital (e-reader) terbarunya bernama Kindle Colorsoft Signature Edition pekan ini. 

Sesuai namanya, ini merupakan tablet Kindle pertama yang memiliki layar berwarna. Selama ini, tablet seri Kindle bikinan Amazon selalu mengadopsi layar dengan dukungan warna hitam putih. 

Layar Kindle Colorsoft ini mengandalkan teknologi E-ink bikinan Kaleido supaya bisa menghasilkan warna. E-ink berwarna ini memungkinkan layar dibekali dengan banyak komponen kecil yang berisi cairan pigmen berwarna.

Ketika terekspos cahaya dari panel, cairan tersebut akan berubah warna, sesuai dengan warna dari konten yang sedang ditampilkan. Pada saat menampilkan warna, tingkat kerapatan piksel di tablet ini menurun dari 300 ppi menjadi 150 ppi. 

Nah, dengan layar berwarna, tablet e-reader ini tentunya akan lebih nikmat dipakai untuk membaca berbagai e-book berwarna, seperti komik, lebih mudah untuk menandai kalimat atau paragraf dengan warna, hingga melihat berbagai foto yang juga berwarna.

Baca juga: 9 Buku yang Dibaca Bos ChatGPT, Mulai dari Psikologi hingga Soal Kecerdasan Buatan

Menyoal layar, Kindle Colorsoft ini mengusung layar 7 inci yang sudah dipoles dengan lapisan anti silau. Artinya, pengguna akan tetap nyaman ketika membaca e-book di luar ruangan yang terik akan sinar matahari. 

Selain itu, layar ini juga memiliki fitur yang bisa meredupkan atau meningkatkan tingkat kecerahan (brightness) layar secara otomatis, sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar.

Layar Kindle Colorsoft ini juga diklaim tetap responsif ketika pengguna membolak-balik halaman dalam sebuah e-book, sama seperti model Kindle lainnya.

Fitur pendukung lain di Kindle Colorsoft mencakup memori internal 32 GB, konektor USB-C untuk mengisi daya, baterai dengan daya tahan hingga delapan minggu, tingkat ketahanan terhadap air (waterproof), dan masih banyak lagi. 

E-reader Kindle, Scribe, dan Paperwhite baru

Ilustrasi empat tablet e-reader Amazon Kindle terbaru.GSMArena Ilustrasi empat tablet e-reader Amazon Kindle terbaru.

Selain Kindle Colorsoft, Amazon juga memperbarui seri e-reader Kindle "reguler", Scribe, dan Paperwhite. 

Kindle model baru ini sebenarnya mirip dengan keluaran 2022, yaitu dengan layar 6 inci, 300 ppi, dan memori internal 16 GB. Hanya saja, Amazon mengeklaim di versi 2024, pengalaman membolak-balik halaman di tablet tersebut kini akan lebih cepat. 

Kemudian untuk Scribe, notebook digital Amazon yang dibekali dengan pena digital (stylus) tersebut kini memiliki layar 10,2 inci dengan 300 ppi, dan juga sudah dibekali dengan berbagai fitur kecerdasan buatan (AI).

Salah satu fitur AI di tablet tersebut adalah kemampuan untuk merangkum apa yang ditulis di layar menjadi poin-poin agar mudah dibaca. Selain AI, tablet ini juga memiliki fitur Active Canvas untuk melakukan format terhadap teks yang sudah ditulis. 

Untuk Kindle Paperwhite, Amazon mengeklaim tablet yang memiliki layar7 inci (300 ppi) tersebut kini memiliki layar dengan tingkat kecerahan dan kontras rasio yang lebih baik.

Baca juga: Xiaomi Rilis E-paper Book Baru, Bisa Baca Buku Elektronik sampai 40 Jam

Tablet dengan memori internal 16 GB tersebut juga kini waterproof dan memiliki kemampuan membolak-balikkan halaman di e-book 25 persen lebih cepat. 

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (17/10/2024), keempat tablet e-reader Kindle ini sudah dijual di pasar global dengan harga sebagai berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat