cpu-data.info

Cara Menentukan Arah Kiblat dengan HP Tanpa Aplikasi, Mudah dan Praktis

Cara menentukan arah kiblat dengan HP tanpa aplikasi.
Lihat Foto

- Arah kiblat penting diketahui oleh pengguna yang beragama Islam jika hendak menjalankan ibadah salat. Dalam hal ini, pengguna mungkin bakal perlu buat mengetahui cara menentukan arah kiblat dengan HP tanpa aplikasi tambahan.

Cara mengetahui arah kiblat dengan HP ini bakal berguna kita pengguna hendak menjalankan ibadah salat, tetapi tidak mengetahui ke arah mana harus menghadap. Masalah ini umum terjadi saat pengguna berada di tempat baru atau yang belum pernah dikunjungi.

Baca juga: 5 Aplikasi Arah Kiblat yang Akurat buat Menunjang Shalat saat Bepergian

Dalam menjalankan ibadah salat, umat Islam wajib menghadap ke arah kiblat. Adapun kiblatnya adalah bangunan suci Ka’bah, yang berada di Kota Mekkah, Arab Saudi. Jika di tempat baru, pengguna mungkin bakal sedikit kesulitan untuk mengetahui arah kiblat.

Untuk mempermudah mengetahuinya, terdapat cara menentukan arah kiblat dengan HP tanpa aplikasi yang bisa dilakukan. Lantas, bagaimana cara melihat kiblat di HP? Jika tertarik untuk mencobanya, berikut adalah cara menentukan arah kiblat dengan HP tanpa aplikasi.

Cara menentukan arah kiblat dengan HP tanpa aplikasi

Cara mengetahui arah kiblat dengan HP itu pada dasarnya cukup mudah. Dalam cara ini, pengguna tak perlu repot-repot memakai aplikasi tambahan.

Cara menentukan arah kiblat dengan HP tanpa aplikasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan arah kiblat online. Salah satu contoh layanan arah kiblat online adalah website Qibla Finder.

Baca juga: 5 Aplikasi Jadwal Shalat di Android dan iPhone

Qibla Finder merupakan website dengan layanan untuk mencari arah kiblat yang dikembangkan Google. Pengguna bisa memakai layanan arah kiblat online ini dengan mudah tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Layanan arah kiblat online ini dapat menunjukan arah kiblat sesuai lokasi pengguna berada. Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai cara menentukan arah kiblat dengan HP tanpa aplikasi lewat Qibla Finder adalah sebagai berikut:

  • Buka website Qibla Finder ini, #, lewat browser HP. 
  • Setelah website terbuka, atur bahasa layanan sesuai keinginan.
  • Berikutnya, klik opsi “Let’s go” untuk memulai pemindaian arah kiblat sesuai lokasi pengguna berada.
  • Kemudian, klik opsi “Got it” dan Qibla Finder akan meminta izin untuk mengakses kamera dan fitur Lokasi atau GPS di HP.
  • Berikan izin pada Qibla Finder untuk mengakses kamera dan fitur Lokasi di HP.
  • Setelah itu, arahkan kamera HP pada titik kiblat yang ditampilkan Qibla Finder.
  • Tahan posisi kamera HP pada titik kiblat hingga Qibla Finder selesai memverifikasinya.
  • Pengguna kini berhasil menemukan arah kiblat, sesuai dengan arah kamera HP di Qibla Finder.
  • Selain arah kiblat, Qibla Finder juga akan menampilkan informasi jarak lokasi pengguna dengan kiblat.

Ilustrasi cara menentukan arah kiblat dengan HP tanpa aplikasi./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menentukan arah kiblat dengan HP tanpa aplikasi.

Cukup mudah bukan cara menentukan arah kiblat dengan HP tanpa aplikasi? Melalui cara di atas, pengguna tak perlu bingung ketika hendak menjalankan ibadah salat di tempat baru, tetapi tidak mengetahui arah kiblat.

Baca juga: Cara Mengukur Jarak di Google Maps lewat HP dengan Mudah dan Praktis

Pengguna bisa menentukan arah kiblat secara mandiri dengan mudah melalui bantuan layanan arah kiblat online Qibla Finder di HP. Demikianlah penjelasan cara menentukan arah kiblat dengan HP tanpa aplikasi, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat