cpu-data.info

Pilkada Serentak 2024, Induk Facebook Rilis Hub Pemilu di Indonesia

Ilustrasi Hub Pemilu Meta
Lihat Foto

- Induk Facebook hingga Instagram, Meta, mengambil peranan dalam menjaga keamanan pemilihan umum (pemilu) termasuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Indonesia, melalui platform-nya.

Jelang Pilkada serentak yang akan berlangsung pada Rabu (27/11/2024), Meta memperkenalkan Hub Pemilu Meta, yaitu portal informasi seputar kebijakan perusahaan dan literasi digital terkait Pilkada.

Fasilitas ini dapat diakses oleh masyarakat dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada. 

Menurut Meta, melalui fasilitas itu, pengguna juga bisa mendapat informasi beserta tips tentang mengatasi misinformasi, bersikap bijak dalam berkomunikasi di internet hingga kiat agar aman saat memakai media sosial, khususnya jelang Pilkada 2024.

Baca juga: Facebook Platform Favorit Peserta Pilkada untuk Kampanye

Salah satu topik informasi yang dibahas di Hub Pemilu Meta yaitu terkait "Menyeimbangkan kebebasan berekspresi". Dalam praktiknya, sejumlah pihak dari Meta menjelaskan bagaimana upaya perusahaan mengeimbangkan kebebasan berekspresi dengan keamanan pengguna dari ujaran kebencian, misinformasi hingga perundungan.

Materi itu disampaikan melalui konten video berdurasi cukup panjang, sehingga dapat ditonton dan dipahami oleh pengguna. 

Selain topik tersebut, Meta juga sudah mempublikasikan beberapa konten lainnya yang terkait dengan Pilkada di Hub Pemilu Meta. Anda bisa mengunjungi tautan ini untuk mengakses Hub Pemilu Meta.

Rilis notifikasi dan stiker pemilu

Tidak hanya menghadirkan Hub Pemilu, Meta juga sudah menyiapkan fitur stiker dan notifikasi pemilu yang akan aktif di hari Pilkada berlangsung. 

Notifikasi Pilkada akan digulirkan di Facebook dan Instagram. Lebih spesifik, pengguna nantinya akan melihat notifikasi pemilu di bagian atas Feed atau beranda. Fitur ini juga akan mengarahkan pengguna ke informasi resmi tentang pemungutan suara Pilkada.

Baca juga: Meta: Hacker Iran Bikin Akun WhatsApp untuk Invervensi Pilpres AS

Sementara stiker pemilu akan dirilis di Instagram. Pengguna nantinya dapat memakai stiker itu di Instagram Stories, guna menunjukkan partisipasi dalam Pilkada.

Adapun pengguna Facebook bisa memanfaatkan bingkai profil bertema pemilu untuk membagikan partisipasinya dalam Pilkada.

Cek fakta dengan Kompas

Selain memperkenalkan Hub Pemilu Meta, induk Facebook ini juga melakukan berbagai upaya lainnya untuk mendukung pelaksanaan Pilkada 2024.

Salah satunya yaitu dengan bermitra bersama perusahaan media Kompas, untuk melakukan verifikasi konten misinformasi yang beredar di platform Meta, baik dalam bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia.

Selain Kompas, Meta juga menggandeng Tempo, Liputan6, Tirto, Mafindo serta Agence France-Prese (AFP) untuk melakukan pengecekan fakta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat