cpu-data.info

Pengguna HP Android Dapat 3 Fitur Keamanan Baru ala Apple

Ilustrasi main smartphone
Lihat Foto

- Pengguna HP Android kini kebagian tiga fitur keamanan baru anti-maling, ala Apple iPhone.

Google akhirnya meluncurkan tiga fitur anti-maling untuk pengguna Android, ketiganya adalah Theft Detection Lock, Offline Device Lock, dan Remote Lock.

Fitur-fitur keamanan ini dirilis untuk pengguna perangkat dengan sistem operasi Android 10 dan seterusnya.

Fitur ini sebenarnya sudah diumumkan Google lewat acara tahunan Google I/O 2024 pada Mei lalu, tetapi baru dirilis ke pengguna awal Oktober ini lewat Play Service. Fitur ini mirip dengan anti-theft protection di iPhone.

Pengguna yang sudah kebagian fitur Theft protection bisa menemukan fitur tersebut melalui menu Pengaturan (Settings) > Google > All Service, kemudian gulir tampilan hingga menemukan menu "Personal & device safety".

Dari sini, pengguna yang sudah kebagian akan menemukan menu anti-maling. Perlu diketahui, fitur Theft Detection ini berbeda dengan fitur Find My Device yang membantu pengguna melacak dan mengelola perangkat yang hilang dari jarak jauh.

Theft Protection adalah fitur berbasis perilaku yang lebih proaktif yang dirancang untuk mendeteksi upaya pencurian dan mengunci perangkat secara otomatis dalam skenario yang mencurigakan.

Baca juga: Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Fitur Find My Device

Secara umum Google membagi mekanisme fitur anti-maling dalam dua kategori yaitu otomatis atau manual dari jarak jauh (remote).

Untuk kategori proteksi otomatis, terdapat fitur Theft Detection Lock dan Offline Device Lock. Sedangkan untuk kategori manual terdapat Remote Lock.

Theft Detection Lock

Pada menu itu, pengguna juga akan mendapat sekilas penjelasan tentang beberapa fitur anti-maling. Misalnya fitur "Theft Detection Lock" yang akan mengunci layar otomatis ketika perangkat terdeteksi dicuri orang lain.

Detection Lock menggunakan teknologi pintar untuk merasakan ketika seseorang mencoba mencuri perangkat.

Sistem ini mendeteksi gerakan tiba-tiba yang terkait dengan pencurian, seperti ketika seseorang mengambil ponsel dan berlari atau berkendara. Sistem kemudian akan mengunci perangkat otomatis, mencegah pencuri menggunakannya.

Google akhirnya meluncurkan fitur anti-maling atau disebut Theft protection untuk pengguna perangkat dengan sistem operasi Android 10 dan seterusnya.9to5google Google akhirnya meluncurkan fitur anti-maling atau disebut Theft protection untuk pengguna perangkat dengan sistem operasi Android 10 dan seterusnya.
Off Device Lock

Offline Device Lock menjaga ponsel tetap aman meskipun pencuri memutus koneksi internet. Alat ini secara otomatis mengunci ponsel, memastikan bahwa data pribadi tetap berada di luar jangkauan, bahkan ketika perangkat sedang offline.

Baca juga: Cara Melacak iPhone yang Hilang atau Dicuri lewat Google Maps dengan Mudah

Offline Device Lock akan aktif bila seseorang mencuri ponsel pengguna kemudian mematikan koneksi internet untuk mencegah pelacakan lokasi.

Namun Google juga memberikan beberapa catatan agar fitur ini bisa aktif otomatis, rinciannya sebagai berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat