cpu-data.info

Pura 70 Ultra Dapat Izin Edar, Huawei Siap "Come Back" ke Pasar Smartphone Indonesia?

Huawei Pura 70 Ultra meluncur di Malaysia.
Lihat Foto

- Huawei tampaknya sedang bersiap "come back" alias meramaikan lagi pasar smartphone Indonesia, setelah vakum selama beberapa tahun terakhir. 

Tanda-tanda rencana itu terendus dari kemunculan nomor model smartphone Huawei, yakni Pura 70 Ultra di dua laman sertifikasi di Indonesia.

Pertama adalah laman sertifikasi perangkat Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Nomor ponsel yang sama juga terdaftar di laman Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Di kedua laman sertifikasi itu, Huawei Pura muncul dengan nomor model HBP-LX9. Namun di laman Postel dirinci pula nama perangkatnya, yakni Huawei Pura 70 Ultra. 

Baca juga: Huawei Pura 70 Ultra Jadi HP dengan Kamera Terbaik Versi DxOMark

Smartphone ini lolos sertifikasi Postel per Kamis (27/9/2024) dengan nomor sertifikat 103806/SDPPI/2024. 

Adapun di laman TKDN, smartphone ini hanya muncul dengan nomor modelnya saja. Menurut situs ini, Huawei Pura 70 Ultra sudah lolos TKDN dengan persentase nilai TKDN 36,05 persen. 

Laman yang dikelola Kemenperin ini juga menyantumkan sedikit spesifikasi smartphone, di antaranya mendukung jaringan LTE.

Screenshot sertifikasi Huawei Pura 70 Ultra di situs Postel dan TKDN Kemenperin/Lely Maulida Screenshot sertifikasi Huawei Pura 70 Ultra di situs Postel dan TKDN Kemenperin

Tidak ada informasi lainnya yang dibagikan Postel maupun TKDN terkait smartphone ini. Namun kemunculannya di dua situs regulator tersebut menjadi indikasi kuat bahwa Huawei Pura 70 Ultra bakal diboyong ke Tanah Air.

Pihak Huawei sendiri belum memberikan pengumuman apa pun soal Pura 70 Ultra di Indonesia. Pantauan KompasTekno di situs web maupun media sosial Huawei Indonesia, fokus pada smartwatch Huawei Watch GT 5 series bakal dirili awal Oktober 2024 mendatang.

Baca juga: Smartwatch Huawei Watch GT 5 dan GT 5 Pro Resmi, Diklaim Lebih Akurat Pantau Kesehatan

Baka jadi Pura series pertama di Indonesia

Huawei Pura 70 Ultra telah dirilis Huawei di China pada pertengahan April 2024 lalu, bersama dengan Pura 70 "reguler", Pura 70 Pro dan Pura 70 Pro Plus. Ponsel ini juga dirilis global pada Mei 2024.

Pura Series terbilang sebagai lini ponsel terbaru dari Huawei karena baru diperkenalkan pada April 2024, tepat sebelum Pura 70 series diluncurkan perdana. 

Walaupun terhitung baru, lini seri ini diposisikan sebagai rebranding dari Huawei P series, di mana beberapa modelnya masuk Indonesia seperti P30 series pada April 2019 lalu.

Bila Pura 70 Ultra benar-benar dirilis resmi di Indonesia, hal ini akan menadai debut Pura series di Tanah Air. 

Selain itu, peluncuran smartphone itu sekaligus bakal menjadi momen come back-nya Huawei ke pasar smartphone Indonesia setelah absen dua tahun terakhir. Smartphone terakhir Huawei yang rilis di Tanah Air yaitu Huawei P50 Pro, meluncur pada Februari 2022 lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat