cpu-data.info

Hands-on Samsung Galaxy Tab S10 Plus dan Ultra, Tablet Jumbo yang Ramping

Tablet Samsung Galaxy Tab S10 Plus dan Samsung Galaxy Tab Ultra resmi diluncurkan di Indonesia, Kamis (26/9/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Samsung resmi meluncurkan tablet Samsung Galaxy Tab S10 Plus dan Tab S10 Ultra di Indonesia, Kamis (26/9/2024).

Samsung Tab S10 Plus diposisikan sebagai model dasar, sedangkan Samsung Tab S10 Ultra merupakan varian dengan spesifikasi yang lebih mumpuni. Samsung tidak merilis S10 "reguler" dengan layar 11 inci.

Samsung Galaxy Tab S10 Plus dan Samsung Galaxy Tab S10 Ultra mengunggulkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Galaxy AI, chipset MediaTek Dimensity 9300 Plus, dimensi yang tipis dan bobot yang ringan, serta sertifikasi anti-air dan debu dengan rating IP68.

KompasTekno berkesempatan untuk melihat lebih dekat dan menggenggam Samsung Galaxy Tab S10 Plus serta Galaxy Tab S10 Ultra. Duo tablet ini sempat dipamerkan dalam acara The New Galaxy Media Session di The Tribrata Darmawangsa Jakarta, pekan lalu.

Pandangan pertama, Samsung Galaxy Tab S10 Ultra memiliki ukuran yang lebih besar dibanding Samsung Tab S10 Plus. Layarnya berukuran 14,6 inci, sedangkan dimensi bodinya adalah 208,6 x 326,4 x 5,4 mm, dan bobotnya adalah 718 gram.

Di sisi lain, Samsung Tab S10 Plus memiliki layar yang lebih mungil yakni 12,4 inci. Dimensi bodinya adalah 185,4 x 285,4 x 5,6 mm dengan bobot 571 gram.

Ukuran kedua tablet ini identik dengan pendahulunya, yaitu Samsung Tab S9 Plus dan Samsung Tab S9 Ultra.

Akan tetapi, bobot model terbaru ini diklaim 14 gram lebih ringan dan bodinya disebut 0,1 mm lebih tipis.

Dimensi ini membuat kedua tablet terbaru Samsung itu mudah dimasukkan ke tas dan dibawa bepergian.

Kami merasa bahwa Samsung Tab S10 Plus ringan digenggam dengan satu tangan, tetapi tangan kami merasa lelah jika memegang Samsung Tab S10 Ultra dalam waktu yang lama.

Bodi tidak terasa licin ketika dipegang, tetapi sebaiknya pengguna berhati-hati memegangnya agar tidak terjatuh. Sehubungan dengan itu, bingkai (frame) tablet ini dibuat dengan Enhanced Armor Aluminum agar tidak mudah pecah atau rusak.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab S9 Ultra, Tablet Serba Ada dan Layak Jadi Pengganti Laptop

Bicara soal layar, Samsung Tab S10 Plus dan Ultra sama-sama mengusung panel Dynamic AMOLED 2X, dengan rasio aspek 16:9, refresh rate 120 Hz, dan kedalaman warna 16 juta.

Perbandingan ukuran layar Samsung Tab S10 Ultra (atas, 14,6 inci) dan Samsung Tab S10 Plus (bawah, 12,4 inci)./Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Perbandingan ukuran layar Samsung Tab S10 Ultra (atas, 14,6 inci) dan Samsung Tab S10 Plus (bawah, 12,4 inci).
Resolusi layar Samsung Tab S10 Plus adalah 2.800 x 1.742 piksel, sedangkan model dengan embel-embel Ultra memiliki resolusi 2.960 x 1.848 piksel. Panel ini sudah dibekali HDR 10 Plus, sertifikasi Eye Care Display, dan sertifikasi Gaming Performance.

Menurut kami, layar lebar ini sangat cocok digunakan untuk menonton film, mengerjakan tugas atau bekerja dengan menggunakan fitur Split Screen, dan lain seterusnya.

Kehadiran sertifikasi Eye Care Display membuat mata tidak lelah ketika menatap layar tablet dalam waktu lama.

Kekurangannya, layar ini meninggalkan bekas sidik jari ketika disentuh dengan keras.

Samsung Tab S10 Plus dan Tab S10 Ultra dibekali kamera depan (selfie). Kamera ini terletak di bagian atas tablet, apabila tablet tersebut diposisikan secara horizontal (landscape).

Kamera selfie Samsung Tab S10 Plus memiliki resolusi 12 MP. Sementara itu, kamera depan Samsung Tab S10 Ultra dibagi menjadi dua kamera 12 MP.

Oleh sebab itu, bagian layar Samsung Tab S10 Ultra agak tampak berbeda karena memiliki poni (notch) berbentuk trapesium terbalik.

Beralih ke punggung, pengguna bisa melihat tulisan "Samsung" di sebelah kiri atas punggung, dan dua lensa kamera tanpa penampang di bagian kanan. Resolusi kamera belakang di kedua tablet Samsung ini sama, yakni 13 MP dan 8 MP.

Bagian belakang Samsung Galaxy Tab S10 Ultra (atas) dan Samsung Galaxy Tab S10 Plus (bawah)./Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Bagian belakang Samsung Galaxy Tab S10 Ultra (atas) dan Samsung Galaxy Tab S10 Plus (bawah).
Punggung turut dihias dengan garis panjang berwarna abu-abu cerah. Garis ini menjadi tempat untuk menaruh pena digital (stylus) S Pen. S Pen akan otomatis menempel di bagian tersebut dengan memanfaatkan magnet.

Bagian punggung tidak meninggalkan bekas sidik jari ketika disentuh.

Untuk port, sisi atas Samsung Tab S10 Plus dan Ultra dibekali tombol daya, tombol volume, slot kartu microSD, dan mikrofon. Pengguna bisa menempelkan stylus S Pen di sisi atas tablet.

Sisi bawah kedua tablet ini terlihat cukup minimalis karena hanya dilengkapi pin, yang digunakan untuk menghubungkan papan ketik (keyboard) eksternal Keyboard Cover with Galaxy AI Key.

Bagian atas, bawah, kanan, dan kiri tablet Samsung Galaxy Tab S10 series./Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Bagian atas, bawah, kanan, dan kiri tablet Samsung Galaxy Tab S10 series.
Sisi kanan (dalam keadaan punggung tablet menghadap ke atas) dibekali speaker dan mikrofon. Sementara itu, sisi kiri bodi diramaikan dengan port USB-C dan speaker.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 FE Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat