cpu-data.info

Kenapa Waktu Last Seen di WhatsApp Tidak Berubah? Begini Penyebabnya

Penyebab terakhir dilihat WA tidak berubah.
Lihat Foto

- Ada beberapa penyebab dari masalah yang umum dijumpai di aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA, yang perlu diketahui pengguna. Salah satunya seperti penyebab last seen WhatsApp tidak berubah.

Sebagaimana yang cukup umum diketahui, WhatsApp memiliki fitur last seen atau terakhir dilihat. Fitur tersebut berfungsi untuk menampilkan kapan waktu terakhir pengguna membuka WhatsApp atau online.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi dengan Mudah

Jika fitur last seen WhatsApp aktif, pengguna bakal bisa melihat jam dan tanggal kontak terakhir kali online. Informasi waktu last seen WhatsApp ini bisa dilihat di bawah nama kontak pada ruang obrolan.

Waktu terakhir dilihat di WhatsApp itu bakal secara otomatis berubah menyesuaikan dengan kapan terakhir kali kontak online. Misalnya, jika kontak terakhir kali online pada 23 September 2024, pukul 12.00 WIB, informasi waktu di last seen WhatsApp bakal mengikutinya.

Akan tetapi, terdapat kondisi terakhir dilihat WA tidak sesuai atau tidak berubah. Jadi, bisa saja ada kondisi kontak tengah online dan chatting dengan pengguna di WhatsApp, tetapi status terakhir dilihat tidak berubah.

Lantas, kenapa terakhir dilihat WA tidak berubah? Penyebab terakhir dilihat WA tidak berubah ini perlu diketahui agar pengguna bisa mendapat informasi waktu last seen yang sesuai, sehingga tidak membingungkan.

Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai penyebab terakhir dilihat WA tidak berubah.

Penyebab terakhir dilihat WA tidak berubah

Ada beberapa penyebab terakhir dilihat WA tidak berubah. Secara umum, penyebab last seen WhatsApp tidak berubah bisa disebabkan karena koneksi internet jelek, terdapat bug aplikasi, penggunaan aplikasi WhatsApp Mod, dan fitur centang biru tidak aktif.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa penyebab terakhir dilihat WA tidak sesuai itu adalah sebagai berikut.

1. Koneksi internet yang buruk

Penyebab terakhir dilihat WA tidak berubah yang pertama bisa dikarenakan perangkat tidak tersambung dengan koneksi internet yang memadai.

Saat koneksi internetnya buruk atau mengalami gangguan, WhatsApp akan kesulitan untuk mengirim pembaruan ke pengguna, termasuk pembaruan informasi waktu last seen terkini pada kontak.

2. Terdapat bug aplikasi

Penyebab last seen WhatsApp tidak berubah bisa dikarenakan terdapat bug aplikasi. Bug pada aplikasi WhatsApp bisa menimbulkan sejumlah gangguan, termasuk mungkin informasi last seen jadi tidak sesuai.

3. Penggunaan aplikasi WhatsApp Mod

Penyebab terakhir dilihat WA tidak sesuai yang berikutnya adalah kontak menggunakan aplikasi WhatsApp Mod (Modifikasi) atau aplikasi WhatsApp ilegal, seperti WhatsApp GB, Yo WhatsApp, dan lain sebagainya.

Aplikasi WhatsApp Mod itu pada dasarnya aplikasi ilegal karena dikembangkan pihak ketiga tanpa otorisasi dari pihak WhatsApp. Aplikasi WhatsApp Mod ini memiliki fitur yang tidak tersedia di aplikasi WhatsApp resmi.

Salah satunya seperti pengguna bisa menyetop atau mengatur status terakhir dilihat di waktu tertentu. Alhasil, informasi last seen yang muncul di WhatsApp tidak akan berubah meski pengguna baru saja online.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat