cpu-data.info

2 Cara Backup WhatsApp di iPhone dengan Mudah dan Cepat

Cara backup WhatsApp iPhone.
Lihat Foto

- Terdapat beberapa panduan yang perlu diketahui pengguna, khususnya pengguna iPhone, dalam mengelola data pada aplikasi WhatsApp. Salah satu panduan itu seperti cara backup WhatsApp iPhone.

WhatsApp menyediakan fitur backup yang memungkinkan pengguna membuat salinan atau mencadangkan semua data pada akun WhatsApp, seperti chat, grup, media, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 4 Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru dengan Mudah dan Praktis

Cara mencadangkan WhatsApp iPhone bakal berguna untuk berbagai keperluan. Misalnya, backup pada WhatsApp dibutuhkan ketika pengguna hendak berganti HP. Dengan melakukan pencadangan, pengguna bisa memulihkan semua chat WhatsApp di HP lama ke HP baru.

Alhasil, pengguna tak akan kehilangan data WhatsApp. Selain itu, cara backup WhatsApp iPhone juga berguna untuk mengamankan data WhatsApp ketika pengguna ingin mengatur ulang iPhone ke setelan awal pabrik alias factory reset.

Tindakan factory reset bakal menghapus semua data di iPhone, termasuk data pada aplikasi WhatsApp. Jika sudah dicadangkan sebelumnya, data WhatsApp bakal bisa dipulihkan lagi ketika pengguna selesai melakukan factory reset.

Lantaran punya banyak kegunaan, pengguna penting buat mengetahui cara backup WhatsApp iPhone. Lantas, bagaimana cara backup WhatsApp iPhone? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara backup WhatsApp iPhone dengan mudah dan cepat.

Cara backup WhatsApp iPhone

Cara backup WhatsApp iPhone itu pada dasarnya sangat mudah. Dalam cara mencadangkan WhatsApp di iPhone ini, terdapat setidaknya dua opsi tindakan yang dapat dilakukan pengguna.

Pertama, pengguna bisa mencadangkan data WhatsApp secara manual ketika dibutuhkan. Kemudian, yang kedua, pengguna dapat mencadangkan data WhatsApp secara otomatis dalam pilihan waktu harian, mingguan, atau bulanan.

Semua opsi pencadangan itu bisa dijumpai di menu pengaturan WhatsApp. Meski mudah, penting diingat, sebelum bisa melakukan pencadangan WhatsApp, pengguna harus telah menggunakan Apple ID untuk login akun perangkat di iPhone.

Fungsinya untuk mengakses layanan penyimpanan berbasis Cloud bawaan iPhone alias iCloud. Data cadangan WhatsApp iPhone bakal tersimpan di iCloud. Jika sudah bisa mengakses iCloud, berikut adalah cara backup WhatsApp iPhone.

Baca juga: Cara Transfer Chat WhatsApp dari HP Android ke iPhone

1. Cara backup WhatsApp iPhone secara manual

Cara backup WhatsApp iPhone yang pertama adalah secara manual. Di cara ini, pengguna dapat melakukan pencadangan ketika dibutuhkan saja. Adapun cara backup WhatsApp iPhone secara manual adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone.
  • Pilih menu “Settings” atau “Setelan”.
  • Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Chat”.
  • Kemudian, pilih opsi “Chat backup”.
  • Terakhir, klik opsi “Backup now” dan proses pencadangan data WhatsApp di Phone bakal berjalan.

Ilustrasi cara backup WhatsApp iPhone secara manual./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara backup WhatsApp iPhone secara manual.

2. Cara backup WhatsApp iPhone secara otomatis

Kedua, cara backup WhatsApp iPhone bisa dilakukan secara otomatis. Dalam cara ini, pengguna bisa memilih durasi WhatsApp melakukan pencadangan data secara otomatis. Adapun cara backup WhatsApp iPhone secara otomatis adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone.
  • Pilih menu “Settings” atau “Setelan”.
  • Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Chat”.
  • Kemudian, pilih opsi “Chat backup”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Auto backup”.
  • Pilih durasi kapan WhatsApp melakukan pencadangan secara otomatis, seperti harian, mingguan, dan bulanan.
  • Terakhir, WhatsApp bakal melakukan pencadangan otomatis sesuai dengan durasi waktu yang dipilih pengguna.

Ilustrasi cara backup WhatsApp iPhone secara otomatis./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara backup WhatsApp iPhone secara otomatis.

Baca juga: Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghilangkan Chat dan Kontak, Mudah

Cukup mudah bukan cara mencadangkan WhatsApp di iPhone? Melalui cara di atas, pengguna tak perlu bingung ketika hendak berganti HP atau mengatur ulang iPhone kembali ke setelan pabrik.

Pengguna bisa melakukan backup WhatsApp di iPhone dulu secara mudah sebelum melakukan tindakan-tindakan tersebut. Demikianlah penjelasan soal cara backup WhatsApp iPhone dengan mudah dan cepat, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat