cpu-data.info

Fitur Baru YouTube, Bisa Bagikan Channel lewat QR Code

Logo YouTube dalam sebuah foto yang diambil di Toulouse pada 5 Oktober 2021.
Lihat Foto

- YouTube kini mempermudah pengguna dan kreator konten yang ingin membagikan channel (saluran) mereka kepada orang lain.

Biasanya channel dibagikan kepada pengguna lain melalui link URL atau menuliskan nama channel mereka. Kini, membagikan channel bisa dilakukan melalui QR code (kode QR).

Fitur baru ini diumumkan perusahaan lewat saluran YouTube Creators di tab YouTube Community. Menurut pihak YouTube, fitur ini akan memudahkan kreator berbagi saluran dengan siapa pun yang mungkin tertarik menonton konten.

Dalam posting yang sama, YouTube juga menegaskan bahwa dukungan kode QR dirilis untuk semua pengguna, termasuk Indonesia.

"Kami meluncurkan kode QR saluran untuk semua komunitas kreator di seluruh dunia," demikian keterangan YouTube mengumumkan fitur baru, dikutip dari YouTube Community, YouTube Creators, Jumat (30/8/2024).

Baca juga: Fitur Baru YouTube buat Pehobi Nonton Sebelum Tidur

Dengan kode QR, kreator akan lebih mudah dalam membagikan salurannya ke orang lain tanpa perlu mengeja atau menyebutkan nama saluran secara manual.

Begitu pula sebaliknya, pengguna akan lebih mudah menemukan saluran kreator terkait hanya dengan memindai kode QR tanpa perlu mengetik nama saluran secara manual seperti cara sebelumnya.

Sebab, dengan memindai kode QR, pengguna akan langsung diarahkan ke saluran milik kreator terkait.

Praktik ini sama seperti saat pengguna memindai kode QR untuk menemukan akun media sosial seseorang/merek dan sebagainya.

Bila Anda seorang kreator YouTube dan ingin membagikan saluran lewat kode QR, Anda bisa mengikuti cara berikut:

  • Buka aplikasi YouTube di smartphone (Android/iOS)
  • Klik tab "Anda" (You) di pojok kanan bawah aplikasi
  • Pilih opsi "Bagikan saluran" (Share channel) di bagian bawah nama saluran
  • Pilih kode QR (QR code)
  • Klik tombol simpan

Cara buat kode QR channel YouTube/Lely Maulida Cara buat kode QR channel YouTube

Dengan begitu, kode QR saluran YouTube Anda akan tersimpan di galeri ponsel dan dapat dibagikan ke pengguna lain. Anda juga bisa mengambil screenshot kode QR tadi sebagai alternatif lain dari opsi simpan yang tersedia.

Pantauan KompasTekno, dukungan kode QR sudah muncul untuk YouTube di Indonesia, khususnya YouTube Android versi 19.33.35.

Selain kode QR, YouTube juga menyertakan foto profil saluran kreator serta logo YouTube di tengah kode QR. Dengan begitu, pengguna yang memindai kode tersebut bisa memastikan lebih lanjut bahwa saluran yang dituju sesuai dengan profil saluran kreator yang dimaksud.

Baca juga: YouTube Uji Coba Fitur Penangkal Hoaks, Mirip Punya X Twitter

Tak perlu aplikasi pihak ketiga

Praktik berbagi saluran YouTube lewat kode QR sebenarnya sudah dipakai oleh sejumlah kreator. Akan tetapi, diperlukan aplikasi pihak ketiga untuk membuat kode QR saluran YouTube, dihimpun KompasTekno dari Phone Arena.

Nah, dukungan kode QR yang dirilis YouTube kali ini membuat kreator tidak lagi bergantung ke aplikasi pihak ketiga karena sudah tersedia dalam aplikasi YouTube.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat