cpu-data.info

Bocoran Kamera iPhone 16: Sensor Besar dan Lensa Periskop

ilustrasi iPhone 16 (ukr.net)
Lihat Foto

- Apple bersiap menggelar acara peluncuran pada 9 September mendatang. Besar kemungkinan Apple akan merilis iPhone 16 series.

Berbagai rumor seputar iPhone 16 memang sudah beredar. Terbaru, kini detail spesifikasi kamera iPhone 16 beredar. Outlet media Apple Insider mengaku mendapatkan detail eksklusif seputar kamera iPhone 16.

Dalam rumor tersebut, dikutip KompasTekno, kamis (29/8/2024), Apple dikabarkan akan memberikan peningkatan signifikan pada kamera iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

Kamera iPhone 16 dan 16 Plus

Baik iPhone 16 maupun iPhone 16 Plus akan mempertahankan dua kamera di bagian belakang. Terdapat kamera utama dengan lensa sudut lebar, yang menyediakan zoom 1X dan 2X, serta kamera ultrawide sekunder dengan zoom 0,5X.

Kamera utama iPhone 16 tetap sama

Menurut mockup dan demo unit yang telah beredar, kamera-kamera ini kini akan disusun secara vertikal, bukan lagi diagonal.

Baca juga: Apple Gelar Acara 9 September, Rilis iPhone 16?

Kamera utama akan tetap berukuran 48MP dengan bukaan f/1.6 dan kemampuan telefoto 2X berkualitas optik hingga tahun 2026.

Namun, kamera ultra lebar akan mendapatkan peningkatan bukaan menjadi f/2.2 dari sebelumnya f/2.4, memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke sensor dan meningkatkan hasil jepretan dalam kondisi minim cahaya.

Render bagian kanan iPhone 16 Pro. Smartphone diklaim akan memiliki tombol baru bernama Capture Button91mobiles Render bagian kanan iPhone 16 Pro. Smartphone diklaim akan memiliki tombol baru bernama Capture Button

Fitur Makro di iPhone Model Non-Pro

Model non-Pro dari iPhone 16 juga akan mendukung fotografi makro untuk pertama kalinya.

Lensa Telefoto untuk iPhone 16 Pro dan Pro Max

Perubahan besar terjadi pada kamera iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Kedua ponsel kelas Pro ini masih memiliki tiga kamera di bagian belakang, yaitu kamera lebar, kamera ultra lebar, dan kamera telefoto.

Sensor utama tetap sama dengan ukuran 48MP dan aperture f/1.78, mampu mengambil bidikan telefoto 12MP berkualitas optik 2X dan memiliki 1,22 mikrometer piksel.

Namun, tahun ini baik iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan memiliki lensa telefoto 5X yang sebelumnya eksklusif untuk model Pro Max.

Lensa ini menggantikan lensa telefoto 3X pada iPhone 15 Pro. Lensa telefoto tetap berukuran 12MP dengan aperture f/2.8.

Lensa Ultra Wide lebih canggih

Lensa ultra lebar akan meningkat menjadi 48MP dengan fitur pixel-binning seperti pada kamera utama. Kamera ini akan memiliki piksel 0,7 mikrometer saat memotret dengan resolusi penuh atau 1,4 mikrometer saat digunakan sebagai piksel quad.

Baca juga: Ini Alasan iPhone 16 Tidak Wajib Dimiliki

Pengguna diharapkan dapat memotret foto ProRaw 48MP dengan lensa yang telah ditingkatkan ini, memungkinkan lebih banyak opsi dalam pemrosesan pasca.

Bocoran ukuran layar iPhone 16 seriesSonny Dickson Bocoran ukuran layar iPhone 16 series

Format gambar baru dan dukungan video 3K

Apple juga akan mendukung format gambar baru, JPEG-XL, yang bersanding dengan format yang sudah ada seperti HEIF, JPEG, HEIF Max, ProRaw, dan ProRAW Max.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat