cpu-data.info

Telkom Group Hadirkan GPUaaS, Percepat Adopsi AI di Indonesia

Ilustrasi layanan GPUaaS yang dihadirkan Telkomsel, Singtel, dan sejumlah operator seluler mitra Telkom Group.
Lihat Foto

- Telkom Group melalui anak usaha Telkomsel bekerja sama dengan operator seluler asal Singapura, Singtel, serta aliansi operator telekomunikasi Asia, Afrika, Australia, dan Timur Tengah, Bridge Alliance, untuk menghadirkan layanan GPU-as-a-Service (GPUaaS).

GPUaaS adalah solusi yang memungkinkan perusahaan menggunakan tenaga komputasi dari pengolah grafis (GPU) yang dimiliki oleh penyedia layanan melalui internet (cloud) dan teknologi 5G.

Layanan ini biasanya digunakan untuk mendukung aplikasi berteknologi kecerdasan buatan (AI), proses pembelajaran mesin atau machine learning, hingga sistem dan analisis data kompleks yang dimiliki sebuah perusahaan.

Dengan GPUaaS, perusahaan tidak perlu repot-repot membeli GPU AI atau menyediakan infrastruktur GPU untuk menjalankan aplikasi, produk, model bisnis, dan kebutuhan terkait AI lainnya.

Baca juga: Bisnis B2B Telkom Sumbang 45 Persen Pendapatan

Pakai Teknologi Nvidia

Direktur Wholesale & International Service Telkom Indonesia, Bogi Witjaksono, menjelaskan bahwa GPUaaS bertujuan memberdayakan bisnis di seluruh Asia Tenggara dalam adopsi AI.

"Layanan ini diharapkan dapat memaksimalkan peluang pertumbuhan dan memenuhi kebutuhan pasar yang semakin dinamis di Asia Tenggara, termasuk Indonesia," ujar Bogi dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Selasa (20/8/2024).

Secara teknis, solusi GPUaaS yang dihadirkan Telkomsel, Singtel, dan mitra-mitranya mengandalkan GPU AI dari Nvidia, yaitu Nvidia H100 Tensor Core GPU.

Meskipun tidak dijelaskan berapa unit GPU AI Nvidia H100 yang digunakan, diketahui bahwa satu unit Nvidia H100 bisa memiliki memori hingga 94 GB dan bandwidth hingga 3,9 TB/s, dengan kemampuan komputasi mencapai puluhan hingga ribuan teraFLOPs.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, menyebutkan bahwa teknologi Nvidia AI GPU ini akan dipadukan dengan teknologi 5G.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan 5G Standalone Pertama di Indonesia

"Melalui kehadiran GPUaaS dan konektivitas broadband 5G terluas dan tercepat, Telkomsel akan terus mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan mengambil peran terdepan dalam revolusi AI di Indonesia," jelas Soon Nam.

Rencana Pengembangan Lanjut

Layanan GPUaaS dari Telkom Group dan mitra-mitranya akan dikembangkan lebih lanjut pada pertengahan 2025.

Selain GPU AI, solusi cloud dari Telkomsel ini juga akan didukung oleh server AI generasi berikutnya dan pusat data berkelanjutan yang terhubung secara hyper-connected. Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi GPUaaS yang akan dihadirkan Telkomsel, bisa dilihat dalam tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat