cpu-data.info

HP Lipat Samsung Galaxy Z Flip Dipakai Polisi AS Jadi "Bodycam"

Kepolisian AS yang memakai Galaxy Z Flip Series sebagai bodycam.
Lihat Foto

- Bentuk atau form factor "ringkas" yang diusung ponsel lipat Samsung dari keluarga Galaxy Z Flip Series memungkinkan perangkat tersebut banyak dipakai di berbagai industri.

Di Amerika Serikat (AS), sejumlah kepolisian setempat bahkan memakai perangkat dengan mekanisme lipatan ala kulit kerang (clamshell) tersebut sebagai kamera badan alias body camera (bodycam/Body-Worn Camera/BWC). 

Hal ini disampaikan Samsung dalam sebuah artikel yang dirilis di blog resmi Samsung Newsroom. Ini juga merupakan bagian dari program marketing Samsung dalam memasarkan ponsel lipat terbarunya, Galaxy Z Flip 6.

Samsung menyebut dua kepolisian lokal di negara bagian Missouri, yaitu Kepolisian Kimberling City dan Indian Point, sudah mengadopsi Galaxy Z Flip Series sebagai bodycam untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka ketika bekerja.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6 Sudah Bisa Dibeli Langsung di Indonesia

Sederhananya, bodyam merupakan perangkat kamera yang biasanya dipasang di baju atau seragam dan berguna untuk merekam segala aktivitas yang ada di depan orang yang memakai alat perekam tersebut.

Lantas, bagaimana awalnya dua kepolisian AS di atas memutuskan untuk memakai Samsung Z Flip Series sebagai bodycam?

Uji coba sejak dua tahun lalu

Pemakaian Samsung Galaxy Z Flip Series di Kepolisian Kimberling City dan Indian Point dimulai dengan sejumlah uji coba yang dimulai sekitar dua tahun lalu.

Kala itu, dua kepolisian ini memiliki program percobaan untuk memakai Galaxy Z Flip Series guna meningkatkan efisiensi ketika aktivitas operasi kepolisian.

Salah satu cara untuk menempuh tujuan tersebut adalah menyulap Galaxy Z Flip Series menjadi bodycam.

Nah, dalam pengujian yang dimulai sekitar 2022 ini, model Galaxy Z Flip yang dipakai adalah Galaxy Z Flip 3 dan Z Flip 4, serta Galaxy Z Flip 5 yang mungkin dipakai ketika pengujian pada tahun 2023 (setelah ponsel tersebut dirilis).

Dalam proses uji coba, Samsung bermitra dengan perusahaan pembuat body camera dan dash camera (dashcam) kenamaan, Visual Labs.

Lewat kerja sama ini, kedua perusahaan memodifikasi Samsung Galaxy Z Flip Series supaya bisa dijadikan bodycam untuk aktivitas kepolisian. 

Kepolisian AS yang memakai Galaxy Z Flip Series sebagai bodycam.Samsung Newsroom Kepolisian AS yang memakai Galaxy Z Flip Series sebagai bodycam.

Modifikasi yang diterapkan meliputi mengubah fungsi tombol volume untuk tombol merekam video.

Dengan begitu, para polisi bisa langsung menekan tombol untuk mendapatkan dokumentasi video ketika ada kejadian atau insiden dadakan, tanpa harus membuka atau menyalakan layar smartphone.

Selain memencet tombol, mode perekaman video juga akan aktif secara otomatis ketika polisi terdeteksi mengendarai mobil dengan sangat kencang (pertanda sedang mengejar kriminal), atau ketika ponsel terhubung dengan perangkat perekam lainnya berupa dashcam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat