cpu-data.info

Samsung Luncurkan MicroSD Pro Plus dan Evo Plus, Kapasitas hingga 1 TB

Ilustrasi kartu memori microSD Samsung Pro Plus dan Evo Plus
Lihat Foto

- Samsung menawarkan dua produk baru untuk pengguna gadget yang sedang mencari media penyimpanan berkapasitas tinggi, yakni kartu memori microSD Pro Plus dan Evo Plus.

Keduanya resmi meluncur pekan ini serta tersedia dalam pilihan kapasitas 128, 256 GB, 512 GB, dan 1 TB. Khusus Evo Plus ada varian 64 GB. Menurut Samsung dalam pengumumannya, microSD Pro Plus dan Evo Plus menggunakan flash memory V-NAND generasi ke-8 (V8).

Penggunaan teknologi V8 memungkinkan Samsung meningkatkan kapasitas maksimal sekaligus kinerja dari kedua kartu memori sehingga diklaim cocok untuk kreator konten dan enthusiast yang membutuhkan medium penyimpanan berkecepatan tinggi.

Baca juga: Samsung Rilis MicroSD Khusus untuk AI di Smartphone

"Kreator dan tech enthusiast makin banyak menggunakan perangkat portabel seperti smartphone dan konsol gaming handheld untuk menyimpan data, yang membutuhkan kinerja tinggi serta kapasitas besar," sebut VP Memory Brand Product Biz Team Samsung, Hangu Sohn.

"Kartu-kartu microSD baru yang berkapasitas besar ini, Pro Plus dan Evo Plus, adalah jawaban atas kebutuhan penyimpanan sejumlah besar data berkualitas tinggi dengan aman," lanjutnya.

Menurut Samsung, kapasitas 1 TB cukup untuk menyimpan lebih dari 400.000 gambar 4K UHD (2,3 MB) atau lebih dari 45 game konsol yang masing-masing berukuran 20 GB.

Kartu memori microSD 1 TB sendiri sebenarnya bukan barang baru karena sudah dirilis oleh pabrikan lain sejak 2019. Hanya saja, Pro Plus dan Evo Plus adalah dua microSD pertama dari Samsung yang menawarkan ruang penyimpanan dengan kapasitas tersebut.

Spesifikasi kartu microSD Samsung Pro Plus dan Evo PlusSamsung Spesifikasi kartu microSD Samsung Pro Plus dan Evo Plus

Untuk kecepatannya, Samsung Pro Plus memiliki rating UHS Speed Class 3 (U3), Video Speed Class 30 (V30), dan App Performance Class A2. Kartu memori ini memiliki kecepatan sequential maksimal sebesar 180 MB/s untuk baca dan 130 MB/s untuk tulis.

Samsung Evo Plus memiliki rating yang sama untuk versi 256 GB, 512 GB, dan 1 TB, tapi kinerjanya sedikit lebih rendah di angka maksimal 160 MB/s untuk baca, dan 120 MB/s untuk tulis (sequential).

Versi 128 GB dan 64 GB dari Evo Plus memiliki kecepatan tulis jauh lebih rendah, yakni masing-masing 60 MB/s dan 20 MB/s. Versi 64 GB datang dengan rating U1, V10, dan A1.

Samsung ikut memperbarui kedua kartu microSD dengan controller yang diproduksi dengan proses fabrikasi 28 nm, sehingga diklaim lebih hemat daya dibanding generasi sebelumnya (55 nm) saat membaca dan menulis data.

Baca juga: Samsung Umumkan Kartu Memori MicroSD yang Sekencang SSD

Kelebihan lainnya, microSD Samsung Pro Plus dan Evo Plus diklaim tangguh dan tahan air, temperatur tinggi, sinar X, dan medan megnet. Keduanya juga disebut tahan jatuh dan resisten terhadap penggunaan berulang.

Seabagaimana dihimpun KompasTekno dari Neowin, Kamis (1/8/2024), baik Pro Plus maupun Evo Plus juga dilindungi limited warranty selama 10 tahun dari Samsung.

Samsung sudah memasarkan microSD Pro Plus secara global dengan harga mulai 25 dollar AS (Rp 407.000) untuk versi 128 GB hingga 154 dollar AS (Rp 2,5 juta) untuk versi 1 TB.

Sementara, microSD Evo Plus dipasarkan dengan banderol mulai 13 dollar AS (Rp 212.000) untuk versi 64 GB hingga 132 dollar AS (Rp 2,2 juta) untuk versi 1 TB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat