cpu-data.info

Tampilan "Feed" Aplikasi Twitch Dirombak, Jadi Mirip TikTok

Ilustrasi Twitch.
Lihat Foto

- Platform streaming video milik Amazon, Twitch telah merilis pembaruan (update) besar-besaran untuk antarmuka (UI) aplikasi mobile-nya.

Update ini sebelumnya sudah diuji coba sejak awal 2024, dan pekan ini akan digelontorkan untuk semua pengguna smartphone iOS dan Android.

Pantauan KompasTekno pada Rabu (31/7/2024), smartphone Android kami juga sudah kebagian update ini di aplikasi Twitch versi 20.5.1.

Kini, antarmuka linimasa (feed) aplikasi Twitch mirip seperti TikTok. Ketika dibuka, aplikasi Twitch langsung mengarahkan pengguna ke menu "Home", sehingga mirip seperti TikTok.

Sebagai perbandingan, menu "Home" di Twitch dulunya disebut dengan nama "Following".

Bagian atas menu beranda Twitch ini dibekali fitur Stories seperti TikTok dan Instagram. Kegunaannya tetap sama, yakni untuk membagikan momen dalam posting pendek, yang akan kedaluwarsa dalam 48 jam.

Baca juga: Twitch Ikutan Bikin Fitur Video Pendek Mirip TikTok dan IG Reels

Perbedaannya, menu "Home" di Twitch menghadirkan dua sub-menu bernama "Live" dan "Clips".

Tampilan baru Twitch kini mirip seperti TikTok/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Tampilan baru Twitch kini mirip seperti TikTok
Menu "Live" memungkinkan pengguna menonton live stream dari kreator yang diikuti (follow), atau kreator yang direkomendasikan oleh Twitch berdasarkan riwayat tontonan pengguna.

Di sisi lain, sub-menu "Clips" berisi video pendek dari berbagai kreator Twitch, sehingga memungkinkan pengguna menonton konten singkat ketika kreator tersebut sedang tidak live streaming.

Ini berbeda dari TikTok yang berandanya dilengkapi sub-menu "Friends", "Following", dan "For You".

Menu "Home" di Twitch sebenarnya juga dilengkapi ikon menyerupai hati bertuliskan "Following".

Namun, kegunaannya adalah untuk melihat apakah kreator yang diikuti sedang streaming atau offline, berbeda dari menu "Following" di TikTok yang digunakan untuk melihat konten dari kreator yang diikuti.

Deretan tombol di bagian bawah aplikasi Twitch juga mirip seperti TikTok. Di Twitch, urutan tombolnya adalah "Home", "Browse", "Activity", dan "Profile".

Di tengahnya, ada tombol menyerupai tanda plus, yang digunakan untuk memulai live stream atau melihat dasbor kreator.

Sementara itu, urutan tombol di TikTok adalah "Home", "Shop", "Inbox", dan "Profile". Bagian tengahnya juga dilengkapi tombol plus, yang berguna untuk membagikan posting, Story, dan memulai live stream.

Baca juga: Gamer dan Streamer Twitch Ninja Umumkan Idap Penyakit Kanker

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat