cpu-data.info

WhatsApp Siapkan Fitur Mirip Apple AirDrop untuk Pengguna iPhone

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus secara permanen.
Lihat Foto

- WhatsApp dilaporkan sedang menyiapkan fitur berbagi file yang mirip Apple AirDrop di iPhone. Di WhatsApp, fitur ini kabarnya akan bernama "Nearby share".

Nearby share WhatsApp memungkinkan pengguna berbagi file ke orang yang ada di dekatnya secara fisik, baik file media macam foto, video atau dokumen.

Jadi pengguna tidak perlu menyimpan kontak terlebih dahulu, atau membuka ruang obrolan untuk berkirim file seperti cara yang dipakai selama ini.

Menariknya fitur ini tidak membutuhkan koneksi internet, melainkan lewat Bluetooth atau sambungan WiFi yang sama antar-perangkat, seperti cara kerja AirDrop di iPhone atau Qick share di ponsel Android.

Jadi, pengguna tetap bisa berkirim file meski tidak memiliki kuota data atau tidak terhubung ke jaringan internet.

Baca juga: Baru di WhatsApp, Ada Tab Favorit, Ini Fungsi dan Cara Pakainya

Fitur ini sebelumnya sudah dikembangkan WhatsApp sejak awal tahun ini, untuk WhatsApp Android. Kini, fitur yang sama dikembangkan untuk WhatsApp iOS lewat pembaruan WhatsApp iOS beta versi 24.15.10.70.

Meski fiturnya seperti di WhatsApp Android, mekanisme penggunaan fitur ini di WhatsApp versi iOS agak berbeda.

Pengguna di iOS tampaknya perlu memindai kode QR terlebih dahulu sebelum berbagi file ala AirDrop. Pengguna yang perlu memindai QR yaitu pengguna sebagai penerima file.

Fitur kirim file ala AirDrop di WhatsApp iOSWABetaInfo Fitur kirim file ala AirDrop di WhatsApp iOS

Sementara di Android, WhatsApp meminta pengguna menggoyangkan smartphone secara fisik untuk mendeteksi perangkat penerima yang ada di dekat pengguna, hingga pemintaan sharing file muncul di layar.

Belum ada informasi lebih lanjut terkait fitur berbagi file ini karena masih dalam tahap pengembangan WhatsApp. Desain dan fungsionalitasnya masih disempurnakan, berikut detail tambahan terkait izin, privasi hingga pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Username untuk Web

Dilansir KompasTekno dari situs yang kerap membagikan bocoran fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, Rabu (24/7/2024), fitur ini akan berjalan di lintas platform.

Jadi, pengguna WhatsApp Android bisa menerima file lewat fitur Nearby share dari WhatsApp versi iOS. Begitu pun sebaliknya. Praktik ini berbeda dengan AirDrop yang terbatas antar-perangkat iOS saja.

Tidak hanya itu, fitur ini juga diklaim dilindungi sistem keamanan enkripsi end-to-end, sehingga hanya penerima yang dituju saja yang bisa mengakses kiriman file.

Kemudian, nomor telepon pengguna juga bakal dirahasiakan dari pengguna yang tidak masuk dalam daftar kontak nomor telepon.

Namun, mengingat fitur ini masih dalam tahap pengembangan, WhatsApp boleh jadi membuat perubahan. Jadi fitur ini ketika dirilis resmi nanti, bisa berbeda atau sama persis dengan yang dikembangkan saat ini. Kita tunggu saja di pembaruan WhatsApp selanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat