cpu-data.info

Video: Menjajal Samsung Galaxy Z Flip 6, Makin Menarik dan Bertenaga

Samsung resmi merilis ponsel lipat Galaxy Z Flip 6 di Paris, Rabu (10/7/2024). Ponsel lipat dengan mode clamshell ini dibekali layar utama 6,7 inci dan kamera 50 MP yang pertama kali hadir di seri Z Flip.
Lihat Foto

- Samsung telah resmi meluncurkan ponsel lipat clamshell terbarunya, Galaxy Z Flip 6. Dibandingkan Galaxy Z Fold 6 saudaranya, Galaxy Z Flip 6 berbentuk jauh lebih ringkas dan ringan.

Perangkat berbobot 187 gram ini memang dirancang agar mudah dibawa dan dimasukkan ke saku pakaian. Dimensi fisiknya hanya 71,9 x 85,1 x 14,9 mm dalam keadaan terlipat dan 71,9 x 165,1 x 6,9 mm jika layar utamanya dibuka.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 6 Resmi, Kamera Naik Kelas dan Update Android 7 Generasi

Tampilan luar Galaxy Z Flip 6 tak jauh berbeda dibandingkan Galaxy Z Flip 5 sebelumnya. Namun, di bagian dalam, Samsung menerapkan banyak peningkatan hardware.

Tampilan lebih "bold"

Satu aspek desain baru yang segera terlihat di Galaxy Z Flip 6 adalah cincin atau ring di sekeliling kedua lensa kamera belakang yang lebih tebal serta berwarna senada dengan kelir keseluruhan.

Menurut Samsung, perubahan kosmetik tersebut membuat tampilan Galaxy Z Flip 6 menjadi lebih "bold". Kedua kamera belakangnya memang terlihat lebih menarik perhatian, mirip sepasang kacamata yang melingkari lensa.

Bentuk cover screen di sisi luar masih sama dengan sebelumnya. Layar sekunder ini menggunakan panel Super AMOLED 3,4 inci (720 x 748 piksel, 60 Hz) dan sekarang bisa menampilkan wallpaper yang dibuat dengan AI generatif serta background interaktif.

Kedua kamera belakang Galaxy Z Flip 6 di dalam cover screen (layar sekunder) dilapisi dengan warna yang senada dengan warna punggung ponselnya. Ini membuat lensa boba kamera Samsung Z Flip 6 menjadi lebih stand out alias menonjol. Dari jauh, cover screen ponsel ini terlihat seperti memiliki dua mata. / Galuh Putri Riyanto Kedua kamera belakang Galaxy Z Flip 6 di dalam cover screen (layar sekunder) dilapisi dengan warna yang senada dengan warna punggung ponselnya. Ini membuat lensa boba kamera Samsung Z Flip 6 menjadi lebih stand out alias menonjol. Dari jauh, cover screen ponsel ini terlihat seperti memiliki dua mata.

Layar utama yang bisa diakses dengan membentangkan perangkat memiliki panel Dynamic AMOLED 2x 6,7 inci (2.640 x 1.080 piksel) dengan refresh rate adaptif 1-120 Hz. Bagian cover screen dan punggung Galaxy Z Flip 6  berlapis kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus 2.

Durability engsel Galaxy Z Flip 6 turut diperkuat dengan penggunaan dual-rail hinge dan folding edge untuk meningkatkan ketahanan terhadap tekanan. Sementara, bagian frame menggunakan bahan logam armor aluminum.

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 di Indonesia

Sama seperti Galaxy Z Flip 5 sebelumnya, Galaxy Z Flip 6 menempatkan pemindai sidik jari di bagian samping, menyatu dengan tombol daya.

Yang tak kalah penting, Galaxy Z Fold 6 sekarang memiliki sertifikasi IP48. Artinya, ponsel lipat ini tahan direndam di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Kamera 50 MP, berpendingin ekstra

Bukan hanya ditambahi ring dekoratif, konfigurasi kamera di Galaxy Z Flip 6 juga ditingkatkan dengan resolusi kamera utama mencapai 50 MP, dibanding 12 MP pada Galaxy Z Flip 5 sebelumnya.

Namun, dua kamera lainnya masih tetap sama, yakni kamera ultra wide 12 MP dan kamera selfie 10 MP yang tersemat di dalam punch hole di sisi atas layar utama.

Samsung Galaxy Z Flip 6 dalam pilihan warna Silver Shadow, Yellow, Blue, dan Mint./ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy Z Flip 6 dalam pilihan warna Silver Shadow, Yellow, Blue, dan Mint.

Peningkatan lain yang juga signifikan diterapkan di spesifikasi hardware. Galaxy Z Flip 6 lebih bertenaga dibanding pendahulunya karena sudah menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, dengan kapasitas RAM 12 GB serta media internal 256 GB atau 512 GB.

Menariknya, untuk pertama kalinya di lini Galaxy Z Flip, Samsung membekali Galaxy Z Flip 6 dengan pendingin vapor chamber yang ukurannya diklaim 150 persen lebih besar dibandingkan cooler serupa di ponsel flagship Galaxy S23 Ultra.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip 6 di Indonesia

Baterai Galaxy Z Flip 6 pun tak luput dari peningkatan sehingga kini memiliki kapasitas sebesar 4.000 mAh, atau setara dengan ponsel Galaxy S24.

Masih penasaran? KompasTekno menjajal Galaxy Z Flip 6 dalam sesi preview yang digelar oleh Samsung di Jakarta awal pekan ini. Hasil penelusuran selengkapnya dari ponsel tersebut dapat disimak dalam video hands-on di tautan berikut.


Terkini Lainnya

Tautan Sahabat