cpu-data.info

Kebiasaan Unik Karyawan Facebook di Singapura, Taruh HP buat "Nandain" Kursi Kantin

Suasana dua orang sedang makan di kantin kantor Meta di Singapura.
Lihat Foto

SINGAPURA, - Meta, induk perusahaan Facebook, WhatsApp, dan Instagram, menggelar acara "Meta Southeast Asia Press Day" pada 9-10 Juli.

Acara ini dihelat di kantor Meta untuk wilayah Asia Tenggara dan Asia Pasifik di Singapura. Jurnalis , Bill Clinten berkesempatan meliput acara tersebut langsung dari Singapura.

Di sela-sela acara, kami sempat dibawa untuk keliling kantor Meta. Kami juga makan siang di kantin kantor Meta di Singapura, bersama dengan karyawan di sana.

Nah, di sini, ada pemandangan tak biasa yang kami lihat, yaitu banyak karyawan yang meninggalkan smartphone (handphone/HP) mereka di atas meja. 

Selain HP, mereka juga tampak meletakkan barang-barang lainnya, seperti headset true wireless stereo (TWS), kartu ID karyawan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Menengok Kantor Facebook di Singapura, Ada Vending Machine Mouse-Keyboard Gratis

Pemandangan ini tak lazim di kebanyakan kantor di Indonesia, yang biasanya justru menyimpan barang-barang tersebut di saku.

Ilustrasi HP yang diletakkan di atas meja kantin kantor Meta di Singapura tanpa pemilik./BILL CLINTEN Ilustrasi HP yang diletakkan di atas meja kantin kantor Meta di Singapura tanpa pemilik.

Penasaran, kami bertanya kepada seorang karyawan Meta yang sedang makan di sana. Menurut dia, banyak karyawan yang meninggalkan HP atau barang pribadi mereka di atas meja hanya untuk sekadar "menandai" tempat tersebut.

"HP di sini (di atas meja kantin) itu biasa dipakai untuk menandai tempat duduk, soalnya kalau makan siang, semua tempat duduk di sini penuh," kata seorang karyawan Meta yang enggan disebut namanya. 

"Mereka yang tidak kebagian biasanya harus menunggu di jam makan lain, atau mungkin bisa datang lebih awal dari jam makan siang," imbuh dia.

Ketika meninggalkan HP atau barang pribadi, para karyawan tersebut antre mengambil makanan dan minuman selama beberapa menit di beberapa tempat yang disediakan. Artinya, mereka tidak takut barang pribadinya hilang. 

Ilustrasi meja kantin kantor Meta di Singapura yang ditempati beberapa HP dan barang pribadi./BILL CLINTEN Ilustrasi meja kantin kantor Meta di Singapura yang ditempati beberapa HP dan barang pribadi.

Tak ada smartphone saat makan

Di samping menaruh HP atau barang pribadi di atas meja, kami juga memantau sebagian besar karyawan Meta di Singapura yang ada di kantin, tidak bermain smartphone ketika mereka makan.

Menurut seorang karyawan Meta, mayoritas memilih untuk berdiskusi atau membicarakan hal-hal yang mereka anggap menarik, atau isu hangat apa yang sedang ramai dibicarakan di kantor.

Sebagai informasi, kantin ini merupakan salah satu fasilitas yang bisa dinikmati para karyawan Meta yang bekerja di menara Marina One, Singapura. Di sini, menu makanan yang ditawarkan berganti setiap harinya.

Baca juga: Studi Meta: Pasang Iklan di Induk Perusahaan Facebook Lebih Menguntungkan

Salah satu ruangan untuk berfoto di kantor Meta di Singapura./BILL CLINTEN Salah satu ruangan untuk berfoto di kantor Meta di Singapura.

Kantor Meta di Singapura memiliki setidaknya sembilan lantai yang dilengkapi dengan berbagai ruangan dan fasilitas, serta diisi oleh beragam divisi Meta dari berbagai platform, baik itu Facebook, Instagram, hingga WhatsApp.

Selain kantin di atas, kantor Meta di Singapura juga memiliki ruangan atau fasilitas lain seperti ruangan cuci baju, vending machine untuk mouse, kabel, keyboard, dll, Art Space, hingga ruangan karaoke.

Ada pula berbagai ruangan pertemuan (meeting room) yang memiliki aneka nama unik, ruangan bermain (gaming room) untuk karyawan melepas penat, kamar mandi alias shower room, hingga beragam sudut menarik nan interaktif yang bisa dipakai untuk berfoto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat