cpu-data.info

7 Tips Pakai M-Banking dengan WiFi Publik biar Tetap Aman

Cara buka rekening BNI secara online melalui aplikasi mobile banking.
Lihat Foto

- Pengguna yang mengakses aplikasi mobile banking atau M-Banking dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tak terkecuali mengaksesnya menggunakan WiFi publik. Namun mengakses aplikasi perbankan dengan WiFi publik cukup rentan disusupi malware atau terserang phising.

Beberapa bahaya mengakses aplikasi mobile banking menggunakan WiFi publik, tak hanya phising dan malware, namun juga serangan Man-in-the-Middle (MITM).

Saat terhubung ke WiFi publik, Anda berisiko terkena serangan man-in-the-middle. Serangan Man-in-the-Middle (MITM) sendiri merupakan jenis serangan siber di mana penyerang menyusup dan memantau komunikasi antara dua pihak yang sedang berkomunikasi secara langsung.

Maka dari itu untuk meningkatkan keamanan menggunakan mobile banking dengan WiFi publik, berikut ini beberapa tips aman saat mengakses aplikasi perbankan menggunakan WiFi umum.

Baca juga: Apa Itu E-mail Phising, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasinya

Gunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN mengenkripsi koneksi internet Anda, sehingga data yang Anda kirim dan terima tetap aman. Ini melindungi informasi sensitif dari peretas meskipun Anda menggunakan Wi-Fi publik.

VPN dapat menyembunyikan alamat IP asli Anda dan menggantinya dengan alamat IP dari server VPN. Ini membuat aktivitas online Anda lebih anonim dan sulit dilacak oleh peretas.

Selain itu VPN juga dapat mencegah serangan man-in-the-middle dengan mengenkripsi komunikasi antara perangkat Anda dan server perbankan. Ini membuat peretas tidak bisa mencegat atau memodifikasi data yang dikirimkan.

Aktifkan otentikasi dua faktor

Tambahkan lapisan keamanan ekstra dengan otentikasi dua faktor (2FA). Setiap kali Anda masuk ke akun perbankan, Anda akan memerlukan kode tambahan yang dikirimkan ke ponsel Anda.

Periksa keamanan situs web

Pastikan situs web perbankan Anda menggunakan protokol HTTPS. Ini ditandai dengan adanya "https://" di awal URL. HTTPS menunjukkan bahwa semua data yang ditransmisikan antara browser Anda dan server situs web dienkripsi, sehingga lebih sulit bagi peretas untuk mengakses atau memodifikasi informasi yang Anda kirimkan.

Hindari jaringan WiFi yang tidak Aman

Jangan gunakan jaringan Wi-Fi yang tidak memerlukan kata sandi atau yang terlihat mencurigakan. Pilih jaringan yang lebih terpercaya seperti yang disediakan oleh kafe atau hotel terkemuka.

Perbarui software

Pastikan perangkat Anda selalu menggunakan versi perangkat lunak terbaru. Pembaruan sering kali mencakup perbaikan keamanan yang melindungi Anda dari ancaman terbaru.

Gunakan aplikasi perbankan resmi

Selalu gunakan aplikasi perbankan resmi yang diunduh dari toko aplikasi terpercaya seperti Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Aplikasi ini biasanya memiliki fitur keamanan tambahan yang tidak tersedia di versi web.

Matikan koneksi otomatis ke WiFi

Nonaktifkan fitur yang memungkinkan perangkat Anda terhubung secara otomatis ke jaringan Wi-Fi terbuka. Ini mencegah perangkat Anda terhubung ke jaringan yang tidak aman tanpa sepengetahuan Anda.

Itulah beberapa tips menggunakan aplikasi m-banking dengan WiFi publik agar tetap aman. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 7 Ciri-ciri E-mail Phising yang Perlu Diwaspadai

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat