cpu-data.info

Google Chrome di Android Kini Bisa Bacakan Isi Website Bahasa Indonesia

Ilustrasi Google Chrome tak lagi dukung Android 7 atau Android Nougat.
Lihat Foto

- Google kembali menambahkan fitur baru di peramban (browser) Google Chrome versi Android untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur tersebut adalah Listen to This Page.

Seperti namanya, fitur ini merupakan fitur text-to-speech (TTS) yang memungkinkan pengguna mendengar isi dari konten website atau artikel yang sedang mereka lihat atau baca di aplikasi Chrome.

Fitur ini bisa ditemui dengan mengakses menu "tiga titik" yang berada di pojok kanan atas Chrome, tepat di sebelah tombol untuk membuka tab baru. 

Setelah diklik, pengguna bisa memilih menu "Listen to this page" supaya Chrome bisa membacakan isi dari laman web atau artikel yang sedang dibuka atau ditelusuri.

Ketika fitur Listen to This Page aktif, pengguna akan disodori dengan tampilan yang mirip seperti fitur kontrol (playback) di berbagai aplikasi pemutar musik.

Baca juga: Google Chrome Dinobatkan Jadi Browser Tercepat

Ilustrasi tampilan Listen to This Page di Chrome Android.TheVerge Ilustrasi tampilan Listen to This Page di Chrome Android.

Di tampilan ini, pengguna bisa mengatur berbagai opsi supaya pengalaman mendengar lebih nyaman. Salah satu yang bisa diatur di fitur playback ini adalah jenis atau tipe intonasi suara yang didengar.

Lalu, pengguna juga bisa mengontrol proses pembacaan artikel sama seperti mereka mengontrol aplikasi pemutaran musik. Artinya, pengguna bisa menjeda atau mempercepat proses pembacaan konten yang tengah dilakukan oleh Chrome.

Menariknya, fitur Listen to This Page ini mendukung bahasa Indonesia, selain beberapa bahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Jerman, dan lain sebagainya.

Baca juga: Google Chrome di Windows dan Mac Dapat Suntikan AI

Dengan kata lain, pengguna bisa menggunakan fitur ini untuk menikmati artikel atau laman web berbahasa Indonesia via suara, tanpa harus melihat laman web tersebut.

Untuk ketersediaan, fitur Lister to This Page bisa dijajal di aplikasi Chrome Android versi 125 ke atas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Kamis (20/6/2024). 

Pengguna yang sudah memasang Chrome versi 125 tetapi belum mendapatkan fitur Listen to This Page agaknya harus bersabar sedikit. Beberapa perangkat yang digunakan KompasTekno juga belum kebagian fitur ini.

Sebab, fitur-fitur baru di aplikasi dan layanan Google biasanya memang disebar secara bertahap ke seluruh pengguna dalam waktu dekat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat